Sabtu, 14 November 2009

Embrace the Power of Giving

Itu kata2 Oprah.
Well, harusnya ga perlu pake embel2 "itu kata2 Oprah" untuk pesan ini lebih sampai ke orang banyak.

Seneng banget ketika melihat di majalah ELLE edisi bulan ini ada artikel "Give and Gain" (tapi bonus bulan ini kurang mantap. Hehe.). Dan ulasannya pun menarik. Disitu diberikan tiga tips keuangan untuk memberikan bantuan. Tipsnya adalah sebagai berikut.

1. Pengeluaran Sosial
Kita bis menyisihkan pemasukan kita setiap bulannya untuk bantuan sosial. Kalo di Islam, infak, wakaf, zakat, atau semacamnya. Jadi, kita udah menyediakan dana sekian rupiah dari pemasukan kita yang khusus kita keluarkan untuk sosial. Jadi, dimasukkin ke pengeluaran prioritas ya.

2. Rekening khusus
Kita bisa buat satu rekening khusus yang diperuntukkan membantu orang yang sedang membutuhkan. Misalnya, contoh terdekat adalah bila saudara kita tiba2 sedang membutuhkan bantuan. Siapa lagi kalo bukan kita.

3. Substitusi
Ini ni kayaknya yang paling 'ngena' untuk para pembaca ELLE.
Substitusi ini contohnya: bila kita terbiasa untuk nongkrong2 di cafe sambil minum kopi atau semacamnya, maka cobalah kita untuk mengurangi satu cangkir saja. Karena dengan Rp.30.000
bisa digunakan oleh sebagian orang untuk membeli 30 liter air minum yang dapat dikonsumsi oleh 30 orang korban gempa.
Atau bagi yang hobi nonton (ini ni yang paling kena di saya), cobalah untuk menahan nonton di bioskop satu kali saja. Nah, kita bisa menyumbangkan Rp.50.000. Di sebagian tempat, uang Rp.50.000 ini ternyata bisa digunakan oleh satu orang anak untuk makan dan bersekolah.

Hemm... gimana? ngerasa dicambuk? apalagi baca tips yang ketiga kan?

Nulis Blog ini sambil dengerin lagu Michael Jackson 'Man in The Mirror' di iPod. Makin 'ngena'.

Saya ga mau mengaitkan ini ke agama, karena saya kurang pintar untuk itu. Tapi, beneran, ada satu kepuasan yang nggak bisa kita dapat dari manapun ketika kita dengan ikhlas memberikan sesuatu pada orang yang tepat dan membutuhkan. Mau tau gimana rasanya? Cobain aja. Dijamin ketagihan.

Setelah merasakan nikmatnya, jangan lupa beri tahu teman yang lain ya. (n_n)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar