Kamis, 15 Oktober 2009

Buka-bukaan dengan Supir

Hari ini ke kantor cuma sendiri. Jadi di perjalanan ngobrol banyak ma Mas Arif, supir kantor. Sebelumnya dia memang suka cerita tentang latar belakang dia yang anak jalanan, pengguna narkoba lah, sampai2 dia jadi pedagangnya.

Kalo denger cerita dia emang ga ada habisnya, dan dia pun suka untuk ceritain tentang hidupnya dulu, bagaimana dia bersyukur setelah mengenal kami bertiga dia jadi orang bener sekarang. Bahkan setelah dia nikah dan punya anak pun, walaupun sudah ditinggalkannya dunia narkoba, tapi tetep aja godaannya masih belum bisa dia jauhin.

Dia bilang, dia baru shalat pas kerja disini aja.

Nah pagi ini, kami buka2an deh tu. Karena dia mantan supir angkot juga, saya nanya deh tu tentang kecendrungan perilaku para supir angkot yang suka seenaknya berhenti di tengah jalan, ngetem sembarangan, dan belok sembarangan.

Dia ketawa: "Emang gitu. Mas Arif cuma bisa kasi saran jangan deh deket2 ma angkot. Karena mau diapain juga tu mereka, ga bakalan dengerin omelan orang."
"Kok bisa to Mas, kayak gitu?" "Jadi otomatis tu, duduk di belakang setir angkot, pasti kayak gitu?"
"Hahaha ya iya, Pin. Begitulah. Habisnya banyak faktor yang bikin kayak gitu. Pertama, 'selaan'. Kedua, (lupa saya). Ketiga, ngejar jam, jam pulang kantor lah atau anak sekola'an."

"Aku tu suka mikir ya Mas, jalan aja lah, toh rezeki ada yang ngatur. Siapa tau nanti di tengah jalan ada yang naik."
"Itu tu yang Mas Arip tunggu. Kata-kata 'rezeki ada yang ngatur'. Ya tapikan masa' ga dikejar juga Pin?"
"Daripada dihujat orang terus. Disumpahin. Makanya tu mukanya supir2 angkot kagak ada yang enak. Jelek semua."
"Iya yak. Ahaha. Yah, orang kayak gitu Pin. Mereka tu mikirnya "Ah, masa bodo' lah mereka marahin, emangnya dia ngasi duit gue apa? Kan bukan mereka ini yang ngasi duit gue. Ga bakal ketemu tiap ari ini. Mereka sih enak naik mobil.""

Fiuh, susah juga ya ternyata. " Ya kalo gitu hidup ga ada aturannya dong."
"Yah Pin, yang ngejalanin aturan itu orang kayak Pina-Pina aja. Mereka mah ga kenal begituan. Aturan kan dibuat buat dilanggar."

"Hayah, bisa balik lagi ke jaman purba kita. Bukannya maju, malah mundur."
"Hahahaha"

"Pina bisa lah sekarang ngomong kayak gini ke Mas Arip. Marah-marahin Mas Arip. Mas Arip sih bisa ngerti, Mas Arip juga ngaku Mas Arip dulu itu salah. Pokoknya jangan deket2 lah ma angkot, jangan dimarah2in juga, nanti Pina sendiri yang capek. Ga bakalan didengerin. Mereka kan belagak gila aja."

Terus lanjut deh ke cerita yang lebih seru.

"Ya gimana ya Pin yak. Mereka kan ga tau cara nyari uang lagi."
"Lha terus kenapa datang ke Jakarta?"
"Di kampung ga ada kerjaan Pin. Ngapain? mending mereka disini kata mereka. Jadi rampok kek."
"Iya, tau. pasti alasannya itu. Tapi apapun bisa mereka lakukan. Cuma emang ekspektasi dan mimpi mereka aja yang terlalu muluk2."
"Ya susah ya Pin yak."

"Mas Arip mah ga nyalahin orang2 yang kayak gitu Pin. Ama wanita2 malam itu juga tu Pin, mas arip mah ga bisa salahin juga."

"Itu tu Pin, yang warung remang2 yang waktu itu pernah Mas Arip unjukkin. Nah tu disitu kan banyak tu cewek2 gitu. Kebanyakan dari -------- ama --------. Mas Arip nanya kan tu ma Ece, "napa sih lo kerja ginian? pasti lo diboongin yak ma temen lu?"
"nggak, Mpel (Mas Arif ini dipanggilnya Tompel) Gua mah dah tau bakal kerja ginian. Ya gimana Rip, kerja apaan lagi gua. Kalo ada yang ngasi kerjaan juga gua mau. Elu ada kerjaan kagak?"
"Lha, Mas Arip mah diem aja Pin, mas arip mau kasi kerja apa."

Jadi mikir. Selama Mas Arif ngomong, saya mikir banyak banget. Sampe timbul pertanyaan kesimpulan:
"Apa sih titik temu antara orang2 kayak Vina ma orang2 jalanan itu? Ada nggak?"
Sambil senyum Mas Arif jawab: "Nggak ada, Pin. Ga akan bisa ketemu."
"Orang2 kayak Vina punya pandangan sendiri mana yang bener dan salah. Orang2 jalanan juga punya bener versi mereka sendiri. Jadi ya udah aja hidup sendiri2 gitu. Dua dunia berbeda emang ya?"
"Iyak. Kagak bakal bisa ketemu itu, Pin."

Ya, begitulah. Jadi tau saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar